Cara Setting PTP dan Station PTP Menggunakan Perangkat Litebeam 5AC 23

Cara Setting PTP dan Station PTP Menggunakan Perangkat Litebeam 5AC 23

    


    Hello, Saya akan memberikan tutorial bagaimana Setting PTP dan Station PTP Menggunakan Perangkat Litebeam 5AC 23. Litebeam 5AC 23 merupakan salah satu produk Ubiquiti, memang produk AP (Access Point) Ubiquiti terkenal akan kemampuannya yang dapat menghubungkan jaringan jarak jauh melalui media wireless, termasuk Litebeam 5AC 23.
     
     Banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda dengan jarak yang jauh, di antaranya adalah lewat media kabel fiber optic, tunnel, wireless dsb. Pada tutorial kali ini saya akan membahas salah satunya adalah menghubungkan jaringan yang berbeda menggunakan media wireless.

    Untuk alat yang saya gunakan pada tutorial ini adalah :
1. 2 buah Litebeam 5AC 23
2. 2 buah RB 941 hap lite
3. 6 buah kabel UTP straight
4. 2 buah laptop / PC

    Sebelum masuk pada bagian konfigurasi saya akan berikan topologi yang saya gunakan, bisa anda lihat dibawah.

    Baiklah setelah mengetahui topologi jaringannya sekarang kita masuk pada tahap konfigurasinya 

Konfigurasi Litebeam 5AC 23 Head Office
1. Pertama setting IP PC anda satu jaringan dengan IP default produk ubiquity, setelah itu buka web browser dan ketikan IP Litebeam 5AC 23 yaitu 192.168.1.20 lalu login menggunakan username ubnt dan password ubnt.


2. Kedua, setelah login anda akan diminta untuk mengganti terlebih dahulu password default untuk faktor keamanan, caranya Klik SYSTEM>Change>Isikan Password lama dan baru>Change.
Current Password (Password default atau lama)
New Password (Password baru)


3. Ketiga, kita pindah pada tab NETWORK, lalu pada Network Mode pilih Bridge dan isikan IP Static sesuai dengan ketentuan jaringan. Klik SAVE CHANGES untuk menyimpan konfigurasi.
Network Mode Bridge (Antara interface LAN dan Wireless akan menjadi satu interfaces atau digabung)


Konfigurasi IP Address RB 941 Head Office
4. Konfigurasi IP sesuai dengan ketentuan jaringan dengan command di bawah
/ip addressadd address=192.168.3.1/24 interface=ether1 network=192.168.3.0add address=192.168.2.1/24 interface=ether2 network=192.168.2.0

Konfigurasi Litebeam 5AC 23 Head Office
5. Kemudian buka web browser lalu ketikan ip dari Litebeam head office yaitu 192.168.3.2 lalu login menggunakan username dan password yang telah set tadi.

6. Lalu pindah ke tab WIRELESS kemudian lakukan konfigurasi dengan ketentuan dibawah.
Wireless mode = Access Point Ptp (AP akan menjadi Pemancar)SSID = Sesuai ketentuan jaringanChannel Widht = 20MHz (Channel paling lebar)Center Frequency = 5745 (Pilih frekuensi terbaik yaitu yang paling sedikit  digunakan atau sesuiakan dengan kondisi jaringan anda)Conrol Frequency = (Frekuensi yang digunakan oleh penerima atau station)

7. Masih pada tab WIRELESS scroll ke bawah kita konfigurasi password untuk Wireless AP kita kemudian klik  SAVE CHANGES untuk menyimpan konfigurasi pada tab wireless.


Konfigurasi Litebeam 5AC 23 Branch Office
8. Buka web browser kemudian setting IP PC satu network dengan IP Litebeam lalu buka web browser dan ketikan IP defaultnya, login menggunakan username dan password default.


 9. Kemudian klik tab SYSTEM ubah password default


10. Pindah tab Network kemudian konfigurasi network mode dan ip address Litebeam sesuai ketentuan jaringan.



Konfigurasi IP Address RB 941 Branch Office
11. Konfigurasi IP sesuai dengan ketentuan jaringan dengan command di bawah
/ip addressadd address=192.168.4.1/24 interface=ether2 network=192.168.4.0add address=192.168.3.4/24 interface=ether1 network=192.168.3.0
Konfigurasi Litebeam 5AC 23 Branch Office
12. Buka web browser kemudian ketikan IP Litebeam yang telah dikonfigurasi lalu login menggunakan Username Password yang telah kita set tadi.


13. Kemudian klik tab WIRELESS lalu pilih Mode Wireless Station PtP lalu klik SELECT untuk memilih AP yang akan kita hubungkan.

Station PtP = Mode untuk menjadikan AP sebagai penerima 

14. Kemudian akan muncul tab baru yang berisi tentang informasi dari AP yang bertindak sebagai pemancar. Untuk menghubungkan dengan AP pemancar tandai lingkaran yang berada disamping SSID kemudian klik SELECT untuk memilih.


15. Lalu isikan password sesuai dengan yang digunakan pada AP pemancar baik isi maupun protokol keamanan yang digunakan. Klik SAVE CHANGES untuk menyimpan.

16. Untuk check apakah konfigurasi sudah berhasil atau belum bisa anda lihat pada tab Dashboard, jika berhasil maka akan muncul informasi tentang jaringan kita.
- Pada AP Head Office


- Pada AP Branch Office

17. Agar jaringan Head office dan Branch office dapat terhubung maka kita perlu konfigurasi routing pada sisi Router.
Konfigurasi routing pada RB Head Office/ip routeadd distance=1 dst-address=192.168.4.0/24 gateway=192.168.3.3
Konfigurasi routing pada RB Branch Office/ip routeadd distance=1 dst-address=192.168.2.1/32 gateway=192.168.3.2

    Demikian tutorial PTP dan Station PTP menggunakan Litebeam 5AC 23, ingat karena PtP (Point to Point) maka hanya 2 perangkat AP yang dapat dihubungkan. Untuk penjelasan mode wireless pada Airos8 bisa anda baca pada postingan selanjutnya.


Referensi:
1. https://dl.ubnt.com/guides/airOS/airOS_UG_V80.pdf


4 comments

Assalamualaikum mas Ferry..
Perkenalkan saya Malik..

Boleh nanya kah mas..
Bagaimana cara setting nya ubiquiti powerbeam 5ac gen2 utk menampilkan mode compliance test nya mas y..

Mohon info nya mas y

Waalaikumsallam mas malik, Untuk sekarang produk radio ubiquiti sudah tidak di lengkapi dengan Compliance Test untuk pemilihan opsi countrynya. Untuk itu mas perlu modifikasi di firmwarenya, semoga membantu. Terima kasih mas

assalamualaikum mas mau nanya 1 LAP busa kah ngelayanin 2 litebeam gen 2?

Mas mau tanya, apakah bisa jika AP nya pake Mirotik (netmetal 5)
Station nya Pake ubiquiti (power beam)
?