Mode Wireless Pada AP Ubiquity

Mode Wireless Pada AP Ubiquity

 
 Hello, kali ini saya akan memberikan penjelasan mode-mode wireless yang ada pada produk airOS8 ubiquity. Ubiquity memang sebuah vendor yang terkenal dengan kemampuan dan fitur AP nya yang sangat bagus. Ada beberapa mode wireless yang bisa digunakan baik sebagai AP (Pemancar) atau Station (Penerima). Baiklah berikut beberapa mode wireless yang ada pada airOS8 :

1. Wireless Mode Access Point PtP
    Mode ini digunakan saat apabila anda memiliki AP (Access Point) sebagai pemancar di topologi PtP (Point to Point). Jika AP anda konfigurasi dengan mode ini maka akan berperan sebagai pemancar dan hanya bisa menghubungkan 1 client access point saja. Berikut gambaran topologi tentang mode ini.




2. Wireless Mode Access Point PtMP AirMax AC
    Mode ini digunakan saat anda memiliki sebuah AP (Access Point) sebagai pemancar pada topologi PtMP (Point to Multi Point). PtMP digunakan untuk menghubungkan beberapa station dengan satu pemancar. Jika anda menggunakan mode ini maka pada sisi AP atau pemancar dan Station atau pemancar maka harus AirMax AC. Berikut gambaran topologi tentang mode ini.


3. Wireless Mode Access Point PtMP AirMax Mixed
    Mode ini hampir sama dengan dengan Access Point PtMP AirMax AC, tetapi yang membedakan apabila pada salah satu sisi baik AP pemancar atau Station penerima berbeda jenis atau vendor, misal pada sisi pemancar menggunakan Airmax Omni Antena AC sedangkan pada sisi pemancar menggunakan Unifi AP AC Outdor ataupun beda vendor semisal mikrotik. Maka pada sisi pemancar harus menggunakan mode Access Point PtMP AirMax Mixed. Berikut gambaran topologinya.

4. Mode Wireless Station PtP
    Mode ini digunakan apabila anda memiliki AP yang bertindak sebagai Client pada Topologi PtP (Point to Point). Berikut gambaran topologinya



5. Mode Wireless Station PtMP
    Mode ini digunakan apabila anda memiliki AP yang bertindak sebagai Client Pada topologi PtMP (Point to Multi Point). Baik pada sisi pemancar menggunakan mode AP PtMP AirMax AC atau AP PtMP AirMax Mixed pada sisi penerima atau station menggunakan mode Station PtMP. Berikut gambaran Topologinya

    Demikian penjelasan tentang Mode Pada AP Ubiquity, saya mengacu pada produk Litebeam 5AC 23 atau sejenisnya dan menggunakan airOS8. Sekian dan Terima Kasih semoga bermanfaat.

Referensi