Cara Konfigurasi Cluster Node Pada Proxmox

Cara Konfigurasi Cluster Node Pada Proxmox

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan tutorial bagaimana membuat sebuah cluster node pada sekumpulan server yang menggunakan operating system Proxmox Virtual Environment (PVE). Adapun pada tutorial kali ini saya memiliki tiga server dengan operating system Proxmox Virtual Environment versi 7.4-3. Cluster sendiri merupakan salah satu fitur yang sediakan proxmox untuk membuat grup pada sekumpulan node server fisik. Adapun kelebihan yang kita dapatkan ketika menerapkan cluster pada sekumpulan node server fisik yang kita miliki, diantaranya :
- Manajemen yang terpusat melalui web based.
- Kemudahan migrasi virtual machine dan kontainer antar server fisik.
- Proses deployment yang cepat.

Sebelum melakukan konfigurasi cluster, adapun requirement yang dapat kita lihat pada pve.proxmox.com/wiki/Cluster_Manager#_requirements dan pve.proxmox.com/wiki/Cluster_Manager#_preparing_nodes. Adapun pada tutorial kali ini saya memiliki 3 node server yang terdiri dari pve1 (max), pve2 (checo) dan pve3 (marko). Ketiga node server tersebut berada pada subnet jaringan yang sama, untuk lebih detailnya dapat dilihat pada gambar topologi dibawah.

Baiklah tanpa berlama-lama, berikut langkah-langkah untuk mengkonfigurasi cluster node pada proxmox :
1. Langkah pertama tentukan terlebih dahulu node yang akan menjadi master, pada tutorial ini saya menjadikan pve1 (max) menjadi master. Lalu remote node tersebut via SSH atau menggunakan web console dan masukan command untuk membuat cluster, kali ini saya membuat cluster dengan nama greatest.

pvecm create [nama_cluster]

 


2. Setelah itu langkah berikutnya adalah menggabungkan node-node lain ke cluster yang telah dibuat pada node yang menjadi master tadi. Remote node tersebut via SSH atau menggunakan web console kemudian masukan command pvecm add [IP_Address_Node_Master_Cluster] untuk menggabungkan node tersebut ke dalam cluster, setelah menjalakan command tersebut masukan password root dari node yang menjadi master cluster.
Konfigurasi pada pve2 (checo).

Konfigurasi pada pve3 (marko).

3. Konfigurasi cluster sudah selesai, untuk memastikan konfigurasi berhasil kita bisa mengakses node lewat browser. Jika konfigurasi berhasil maka semua node yang telah tergabung pada cluster akan muncul.

Demikianlah uraian singkat langkah-langkah konfigurasi cluster pada proxmox. Dari konfigurasi cluster ini dapat kita kembangkan lagi untuk membuat konfigurasi cluster storage dan high avaibility (HA), jika tidak ada kendala akan saya coba untuk membuat tutorialnya. Sekian dari saya semoga tutorial ini bermanfaat, terima kasih.

Referensi :